Jenis – Jenis lampu LED

mengenal jenis lampu LED

Fanos.co.id – Jenis lampu LED – Lampu LED memang banyak dikenal keunggulannya. Dengan segala keunggulan LED, mulai banyak orang yang mengganti lampunya dari lampu bohlam biasa ke lampu LED. Dengan natur lampu LED yang sangat fleksibel, ada banyak jenis lampu LED yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Berikut adalah jenis lampu LED yang sering digunakan:

Penjelasan warna lampu LED.

Sebelum kita dapat masuk ke dalam jenis lampu LED, perlu diketahui salah satu dasar yang membuat lampu LED sangat fleksibel adalah warna yang beerubah – ubah. Perubahan warna ini ditentukan dari material yang digunakan. Namun, dengan perbedaan material yang digunakan, dan warna yang dihasilkan, konsumsi listrik yang digunakan juga akan berbeda. Berikut adalah perbedaan warna cahaya dan listrik yang digunakan:

  1. Indium gallium nitride (InGaN)
    • Biru – 3.6 Volt
    • Hijau – 3.5 Volt
  2. Aluminum gallium indium phosphide (AlGaInP)
    • Kuning – 2.2 Volt
    • Oranye – 2 Volt
    • Merah – 1.8 Volt
  3. Aluminum gallium arsenide (AlGaAs):
    • Merah – 1.8 Volt
    • Infra Merah – 1.2 Volt
  4. Gallium phosphide (GaP)
    • Hijau – 3.5 Volt
    • Kuning – 2.2 Volt
  5. Cerium-doped YAG
    • Putih – 4 Volt

Jenis Utama Lampu LED

Walau secara garis mata terlihat mirip, lampu LED tidak bisa disamakan dengan lampu biasa. Setelah menjelaskan dasar dari fleksibilitas lampu LED, kita baru dapat menjelaskan jenis lampu LED dalam kegunaanya, Lampu LED terdiri dari:

Miniature / mini LED

jenis lampu LED

Sesuai dengan namanya, lampu LED ini adalah jenis lampu LED terkecil dan termurah yang ada di pasar. Lampu ini biasanya berukuran 1mm – 8mm, dan biasanya memiliki peringkat arus 1mA sampai diatas 20mA. Miniature LED memiliki bentuk paling sederhana dari LED, dengan komponen utama lampu dilindungi oleh kaca / plastic bentuk kubah dan dinoda dari lampu.

High Power LED (HP-LED) / High Output LED (HO-LED)

Jenis – Jenis lampu LED

Sesuai dengan namanya juga, HP-LED adalah lampu yang menggunakan tenaga listrik tinggi untuk menghasilkan cahaya yang lebih terang. Lampu ini biasanya dijalankan dengan menggunakan ratusan mA, ketimbang jenis lampu LED lain yang menggunakan puluhan mA. Dengan kekuatan besar yang dibutuhkan, LED ini membutuhkan lebih dari 1 pasang dinoda untuk beroperasi. Bentuk dari HP-LED biasanya lebih besar, karena dibutuhkan pendingin untuk membuang panas yang dapat merusak lampu LED dalam hitungan detik.

AC – LED

Jenis – Jenis lampu LED fanos

Dalam penggunaannya, LED biasanya beroprasi meunggunakan listrik DC. Sesuai dengan namanya, AC-LED adalah lampu LED yang dapat beroperasi langsung dengan listrik AC. Listrik ini biasanya diproduksi di Korea Selatan, oleh Seoul Semiconductor. Walau lebih jarang di pasar Indonesia, LED ini dapat beroprasi lebih mudah dan lebih efisien dari model lampu lainnya.

Jenis Spesifik lampu LED

Jenis yang lebih spesifik dari lampu LED adalah pekembangan lebih lanjut dari varian umum lampu LED. Jenis ini akan digunakan dalam berbagai aplikasi dan bidang dalam kehidupan sehari – hari.

LED kedap – kedip.

Lampu LED ini adalah lampu yang dapat berkedap kedip sendiri. Hal ini dikarenakan komponen LED yang dilengkapi dngan regulator voltase dan sirkuit multivibrator yang menyebabkan LED menyala dengan waktu yang ditentukan.

LED jenis ini biasa digunakan untuk menarik perhatian. Maka dari itu, LED jenis ini banyak digunakan untuk dalam situasi darurat seperti di pesawat, dan di kapal. Namun, lampu LED ini juga kerap digunakan dalam lampu perhiasan.

Bi-color dan Tri-color LED (RGB LED)

Bi-color dan Tri-color LED adalah lampu yang paling terkenal dan paling sering digunakan sebagai perhiasan dalam rumah sehari – hari. Lampu ini mengintegrasikan 2 dan/atau lebih warna lampu yang berbeda dalam sebuah tempat.

Dalam komponennya, emitor dihubungkan ke kabel yang sama sehingga menghasilkan sebuah warna baru. Namun, dalam beberapa model, setiap emitor dapat dihubungkan ke kabel terpisah sehingga dapat dikontrol secara independen.

Digital RGB

RGB Digital adalah perkembangan lebih lanjut dari lampu LED RGB. Dari lampu LED biasa, ditambahkan sebuah elektronik “pintar” yang menghubungkan antara satu LED dengan LED lainnya. Hubungan ini adalah hal yang penting karena hubungan ini yang akan menerima dan mengirim data yang dikontrol oleh sistem computer. Hal ini memungkinkan kedap kedip dan/atau mati-nyala lampu LED yang dikontrol oleh sistem, sehingga dalam beberapa model, kita dapat mengetahui berapa refresh rate dari lampu dalam kHz.

Aplikasi dari Digital RGB dapat ditemukan pada monitor TV, papan reklame di Mall, papan iklan di mobil, dan dekorasi lainnya.

Filament

LED ini terdiri dari beberapa chip LED yang dihubungkan secara seri pada substrat longitudinal umum yang membentuk batang tipis, mirip dengan lampu batang tradisional. Lampu ini menggunakan tegangan yang relatif tinggi, sehingga dapat bekerja secara efisien dengan tegangan listrik utama. Efisiensi ini membuat lampu filament sering digunakan sebagai pengganti utama dari lampu bohlam biasa.

Lampu Filament adalah lampu yang paling banyak ada dalam pasaran. Salah satu aplikasi lampu filament yanjg paling sering ditemukan adalah dalam bentuk bohlam.

Surface Mount Device (SMD LED)

Surface Mount Device LED atau yang disingkat SMD adalah salah satu jenis lampu LED yang memiliki ukuran yang cukup kecil. Lampu ini biasanya berbentuk seperti mur dan memiliki beberapa titik cahaya pada badan lampu. SMD LED kerap ditemukan pada lampu senter, lampu hias, bahkan lampu darurat dan lampu dalam tangga.

Array papan chip-on (COB LED)

Chips on Board LED atau yang biasa disebut LED COB merupakan perkembangan dari SDM LED. Lampu ini memiliki ribuan chip yang tersusun dalam sebuah panel. Kelebihan utama dari COB LED ada pada pengaturan panas yang lebih baik dari SDM LED.

SuperFlux LED

Superflux LED adalah perkembangan dari HP-LED. Lampu ini adalah lampu yang menghasilkan intensitas cahaya tertinggi dari jenis lampu yang lain. Oleh karena itu, lampu ini kerap lebih panas dari lampu lainnya.

Superflux LED sering digunakan di tempat yang membutuhkan pencahayan yang tinggi seperti pada lampu lalu lintas, lampu pijar, lampu pada mercusuar, lampu darurat, dan bahkan pada peternakan dimana suhu panas dari lampu dibuthkan.

Penutup

Dengan berbagai jenis lampu LED, kita dapat memilih lampu LED sesuai dengan kebutuhan kita. Fanos menyediakan berbagai macam lampu untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari. Klik di sini untuk melihat katalog kami.


DTF dan Sublim, Jenis Sablon Mana yang Kamu Pilih?

Perbedaan antara sablon DTF dan sublim seringkali menjadi pertimbangan utama dalam industri percetakan pakaian. Sablon DTF melibatkan pencetakan langsung pada film khusus yang kemudian ditransfer ke bahan, sementara sublim melibatkan proses di mana tinta sublim diaktifkan oleh panas untuk menembus serat bahan. Diskusi mengenai mana yang lebih baik seringkali berkembang menjadi pertimbangan antara kejelasan sablon, … Continue reading DTF dan Sublim, Jenis Sablon Mana yang Kamu Pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat