Perbedaan lampu LED dan Lampu Biasa

lampu LED VS Lampu Biasa

Semua hal yang diciptakan pasti memiliki sebuah maksut. Hal ini biasanya membawa jawaban dari sebuah masalah. Dalam blog sebelumnya, kita sudah membahas apa itu lampu LED. Dalam blog ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan lampu LED dan Lampu biasa.

Perbedaan lampu LED dan Lampu Biasa

PERBEDAAN FISIK

Pada sejarahnya, lampu pijar dibuat dalam bentuk seperti tabung dengan memiliki “topi” berbentuk setengah bola. Inilah yang biasa kita sebut dengan “lampu bohlam”. Hingga saat ini, lampu bohlam masih sering kerap kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Penggunaan lampu bohlam di saat ini ada karena menjadi sebuah opsi yang lebih murah. Lampu bohlam masih menggunakan batangan carbon di dalam gelas yang terisi nitrogen.

Seiring berjalannya waktu, lampu LED ditemukan dan menjadi sebuah hal yang lebih populer. Jika dilihat sekilas, fisik dari lampu LED dan lampu biasa tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan, Namun, apabila diteliti lebih lanjut, lampu LED bisa dilihat sebagai lampu – lampu bohlam kecil yang disatukan menjadi sebuah lampu individu. Hal ini membuat lampu yang dihasilkan oleh LED bersumber dari dinoda – dinoda kecil dibandingkan dari sebuah batangan dari lampu biasanya.

PERBEDAAN TEKNOLOGI

Perubahan teknologi adalah perubahan terbesar yang menjadi perbedaan lampu biasa dengan lampu LED. Kami juga membahas teknologi yang digunakan oleh LED di blog ini. Berikut adalah sekilas tentang perbedaan lampu tersebut:
Teknologi yang digunakan dari lampu biasa ke lampu LED memiliki perubahan yang signifikan. Seperti yang katakan sebelumnya, lampu biasa memiliki sebuah batangan carbon yang menyala saat diberikan aliran listrik. Hal ini membuat apa yang menjadi sebuah lampu biasa dapat menyala.

Sama seperti sebelumnya disinggung, teknologi dari lampu LED menggantikan batangan karbon menjadi dinoda yang dapat terbuat dari berbagai material. Hal ini memungkinkan lampu dapat menyala danpa perlunya gelas yang terisi nitrogen. Hal ini juga memungkinkan lampu untuk berwarna yang berbeda – beda.

Hal ini juga nantinya membahas tentang mengapa lampu LED lebih mahal dibandingkan lampu biasa, berapa lumen (satuan terang cahaya) dari lampu, efisiensi, dan lain – lain. Kita membahas keunggulan dan kerugian dari lampu LED dalam blog ini.

PERBEDAAN KEGUNAAN

Lagi – lagi, kegunaan dari lampu bohlam dan lampu LED tidak memiliki perubahan yang terlalu signifikan. Okay mungkin terlalu mengulang, tapi itu faktanya.
Penggunaan lampu LED sudah sangat umum digunakan dalam kehidupan kita sehari – hari. Kelebihan lampu LED yang memungkinkan kita mengeluarkan warna lampu yang berbeda kerap digunakan di Interior (Contoh: lampu RGB yang kerap digunakan oleh gamer). Hal ini, tidak menutup kemungkinan untuk LED digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan lain seperti backdrop dalam studio foto dan penggunaan sehari – hari.

Lantas, mengapa penggunaan lampu bohlam masih sering digunakan?

Perbedaan lampu LED dan lampu biasa tida terlalu signifikan. Hal ini juga berlaku dalam hal kegunaan. Namun, lampu bohlam masih menjadi sebuah alternatif yang lebih murah dibandingkan LED. Secara spesifik, lampu bohlam masih digunakan dalam bidang pekerjaan peternakan. Lampu bohlam mengeluarkan panas yang tidak dimiliki lampu LED. Hal ini menjadi hal yang menguntungkan dimana para peternak menggunakan lampu bohlam untuk menghangatkan ternaknya, terutama untuk anak ternak yang masih kerap rapuh terhadap suhu dingin.

KONKLUSI

Perbedaan lampu LED dan lampu biasa tidak terlalu signifikan. Namun, ada perbedaan penting yang membuat LED menjadi lampu yang lebih unggul dibandingkan lampu bohlam. Hal ini menyangkut basis teknologi yang menjadi perbedaan utama lampu LED dan lampu biasa.


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Suksescorp.co.id – Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). Sablon DTF memungkinkan cetakan yang presisi dan berkualitas tinggi pada berbagai jenis media, mulai dari kertas hingga tekstil. Dengan memahami prinsip dasar dan proses aplikasinya, … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat